SOAL PENDALAMAN SAKRAMEN BAPTIS

  1. Sejak kecil Andy dididik menjadi seorang Katolik dan telah menerima sakramen Baptis. Ketika beranjak remaja ia memutuskan untuk berpindah agama, namun setelah dia dewasa dia ingin kembali menjadi Katolik. Bagaimana pendapat Anda?
  2. Mengapa baptisan Yesus disebut baptisan solidaritas?
  3. Masa pembinaan dan pengajaran bagi mereka yang ingin dibaptis disebut masa…
  4. Masa Pembinaan dan pengajaran bagi baptisan baru disebut masa…
  5. Apa sajakah rahmat yang diperoleh seseorang yang dibaptis?
  6. Dalam keadaan darurat, Sakramen Baptis bisa diberikan oleh siapa saja. Apa yang dimaksud dengan keadaan “darurat” dalam konteks baptisan?
  7. Seorang bapak sangat ingin menerima sakramen baptis, namun suatu hari ia menjadi korban kerusuhan berbau SARA dan ia mati karena ia mempertahankan keyakinannya pada Tuhan. Apakah bapak tersebut bisa menjadi anggota Gereja? Jelaskan jawabanmu!
  8. Seorang Imam yang bertugas di daerah konflik ditemukan terbunuh karena dia berani membela umatnya dan mempertahankan imannya. Apakah imam ini menerima baptisan darah? Jelaskan jawabanmu!
  9. Apakah materi dan forma sakramen baptis?
  10. Seorang pemuda yang selama hidupnya melakukan perbuatan jahat, suatu saat datang ke Gereja dan minta dibaptis. Singkat cerita, tibalah hari pembaptisannya dan dia resmi menjadi seorang Katolik. Tak lama setelah menerima sakramen Baptis ia mengalami kecelakaan dan meninggal tanpa sempat menerima sakramen pengampunan dosa. Apakah pemuda ini bisa masuk surga dan memperoleh pengampunan atas dosanya yang lalu? Jelaskan jawabanmu!